Pengalaman Bersama Tol Laut Tanjung Priok – Panjang

6

Pengalaman Bersama Tol Laut Tanjung Priok - Panjang 4Pengalaman Bersama Tol Laut Tanjung Priok – Panjang. Tol Laut merupakan salah satu jalur alternatif transportasi yang menghubungkan antara Jakarta ke Lampung walau sebenarnya terdapat jalur lain misal antara Jakarta dan Surabaya. Ya! pemberian nama tol laut bukanlah jalan tol darat yang menyebrangi antara pulau Jawa dan Sumatra. Tol laut merupakan jalur transportasi penyebrangan melalui jalur laut menggunakan kapal besar. Kali ini kita akan membahas Tol Laut Jakarta-Lampung yang rutenya dimulai dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara sampai ke Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung.

Kapal yang digunakan memang berukuran lebih besar dibandingkan kapal penyebrangan yang sering digunakan melalui jalur Merak-Baukaheni. Mungkin karena hal ini maka disebut sebagai penyebrangan tol laut. Kebetulan kapal yang tim kami tumpangi ketika itu adalah KM Mutiara Sentosa III.

Tol_Laut_Tanjung_Priok_Panjang_3
Parkir Kendaraan

Terdapat 2 cara untuk bisa mendapatkan tiket Tol Laut ini yaitu datang langsung ke pelabuhan Tanjung Priok atau bisa melalui agen yang ditunjuk langsung untuk menangani ticketing.ri

Berikut harga tiket Tol Laut :

  1. Golongan I jenis sepeda, Rp 90 ribu.
  2. Golongan II jenis motor roda dua, Rp 115 ribu.
  3. Golongan III jenis motor roda tiga atau motor roda dua di atas 250 cc, Rp 180 ribu.
  4. Golongan IV penumpang jenis sedan, jeep, dan sejenisnya, Rp 475 ribu.
  5. Golongan IV barang jenis pikap, mobil box, Rp 450 ribu.
  6. Golongan V penumpang jenis bus kecil, Rp 965 ribu.
  7. Golongan V barang jenis truk sedang, Rp 825 ribu.
  8. Golongan VI penumpang jenis bus besar, Rp 1.455.000.
  9. Golongan VI barang jenis truk besar, Rp 1.275.000.
  10. Golongan VII jenis tronton, Rp 1.720.000.
  11. Golongan VIII jenis trailer 20 feet, Rp 2.115.000.
  12. Golongan IX jenis trailer 40 feet/ truk gandeng, Rp 3.305.000.
  13. Golongan X jenis alat berat, tarif nego

Pada kesempatan ini, tim kami memesanan tiket melalui agen, dilakukan via telepon. Kemudian agen akan meminta kita untuk memberikan informasi jadwal keberangkatan yang diinginkan, data diri dan tipe kendaraan jika kita ingin membawa kendaraan pribadi masuk ke dalam kapal. Lalu data tersebut dikirimkan via email. Setelah itu mereka akan mencocokkan ketersedian waktu dan penumpang. Jika semua sudah OK maka kita akan diminta untuk mentransfer biaya perjalanan ke rekening Agen. Jika sudah kita transfer, kemudian kita konfirmasi balik lalu mereka cek kebenarannya. Jika sudah OK maka mereka akan mengirimkan tiket via email (tiket dikirim dalam bentuk file *pdf)

Tol_Laut_Tanjung_Priok_-_Panjang_5
Contoh Tiket

Tiket ini dapat diprint sebagai bukti masuk kapal (kami sarankan untuk print tiket terlebih dahulu karena agak sulit mencari tempat print di dermaga). Data diri berguna untuk memberikan jatah tempat peristirahatan yang secara default yaitu diberikan kelas ekonomi sesuai dengan jumlah penumpang. Masing-masing rombongan akan diberikan nomor ruang yang telah dibagi-bagi. Tentu saja karena ruang yang diberikan adalah kelas ekonomi maka yang disediakan hanya terdapat tempat tidur beralas di lantai.

Tol_Laut_Tanjung_Priok_Panjang_5
Ruangan Kelas Ekonomi

Setelah masuk ke dalam kapal, memang kita bisa melihat nuansa kemewahan kapal ini setidaknya terlihat dari furniture yang digunakan seperti sofa, lantai, tangga, dll.  Penumpang pun diberikan kebebasan untuk berpindah kelas dari kelas ekonomi ke antara kelas bisnis ataupun kelas VIP, tentu saja harga yang ditawarkan cukup menguras kantong anda. Berbeda dari kapal Ferry Merak-Baukaheni, harga ruangan kelas bisnis dan VIP pada kapal tol laut ini cukup mahal. Untuk kelas bisnis saja per orang dihargai 100 ribu rupiah tanpa bisa ditawar. Sedangkan untuk VIP harga yang diberikan cukup fantastis dimulai dari 400 sampai 500 ribu rupiah per ruangan atau 200 ribu rupiah per orang.

Tol Laut
Ruangan Tangga Dalam

Hal ini tentu saja mengundang protes dari beberapa penumpang karena pelayanan yang diberikan pada kelas itu tidak ada yang spesial, hanya berupa penyediaan ruangan saja yang terasa lebih private. Tetapi sebenarnya kelas ekonomi yang diberikan juga tidak terlalu buruk kok, ruang istirahat dan kamar mandi yang diberikan cukup bersih. Tidak terasa hawa panas walau kami harus melakukan perjalanan melewati siang hari.

Tol Laut Tanjung Priok - Panjang
Ruangan Kelas Bisnis

Untuk fasilitas di dalam kapal ini bisa dikatakan cukup baik, setidaknya tempat-tempat bersantai seperti restoran, kafe, ruang merokok, mini market dan kantin tersedia didalam kapal ini. Memang kami tidak memesan makan selama di dalam kapal, tetapi menurut informasi yang kami dapat harga  makanan di kapal ini masih sangat terjangkau untuk kalangan bawah.

Jika anda menemui masalah ataupun ingin bertanya, maka disana juga diberikan ruangan informasi dengan kru yang cukup ramah. Sedangkan pada ruangan umum terdapat kursi sofa untuk duduk dan beristirahat. Hal ini membuat para penumpang merasa senang dan betah sehingga perjalanan yang cukup lama tidak begitu terasa membosankan.

Oya terkait waktu perjalanan yang ditempuh pada perjalanan Tj Priok -Panjang ini cukup lama, paling cepat 9 jam belum termasuk antrian kapal untuk melabuh yang bisa mencapai 2 jam. Jadi total membutuhkan waktu tempuh 12 jam. Mungkin hal ini yang menjadi pertimbangan penumpang untuk menggunakan ruangan yang lebih baik sembari menunggu perjalanan yang cukup lama.

Ruangan Smoking
Ruangan Smoking

Tidak seperti waktu perjalanan kapal pada jalur Merak-Bakauheni yang menempuh perjalanan 2,5 sampai 3 jam saja, tol laut memang menempuh perjalanan yang lebih lama, tetapi memberikan keuntungan tersendiri karena kapal ini berlabuh langsung di pelabuhan Panjang, Bandar Lampung yang notabene posisinya berada di dalam kota Bandar Lampung. Waktu yang kita butuhkan untuk mengendarai kendaraan pun tidak terlalu banyak. Bandingkan jika anda berlabuh di Pelabuhan Bakauheni, waktu tempuh jalan darat dari Bakauheni ke dalam kota Bandar Lampung memerlukan waktu +- 3 jam.

Walaupun demikian, masih sedikit calon penumpang yang mau memilih tol laut Tanjung Priok-Panjang sebagai pilihan utama karena masih banyak sekali kekurangan. Hal ini dapat dimaklumi karena usia tol laut ini masih dalam hitungan bulan. Setidaknya ada beberapa kekurangan yang kami rasakan dalam penempuhan perjalanan ini.

  1. Pembelian tiket masih cukup membingungkan, loket pembelian tiket di pelabuhan tidak diketahui dengan pasti dimana. Tidak ada penunjuk jalan kemana penumpang harus melangkah untuk membeli tiket. Jika kita pun harus memesan tiket via online yaitu dengan pemesanan via email. Belum ada website resmi pemesanan seperti layanan pemesanan tiket pesawat atau Kereta Api. Di awal kami sempat sempat sedikit ragu apakah tiket yang dikirim via email apakah benar tiket resmi ataupun tidak.
  2. Selain loket pembelian tiket, lokasi dermaga kapal di Pelabuhan Tanjung Priok masih sangat membingungkan. Hal ini dikarenakan banyak calon penumpang berfikir dermaga terletak tepat di lokasi pelabuhan barang Tanjung Priok. Ternyata lokasinya berbeda. Belokan yang mengarah pada pelabuhan masih belum mudah dikenali, tidak tersedianya plang yang jelas kemana kita harus berbelok. Setidaknya kami bertanya sebanyak 3 sampai 4 kali untuk mengetahui belokan mana yang menuju dermaga.
  3. Jalan yang menuju ke kapal masih rusak, di titik ujung bahkan hanya tersedia satu jalur menuju kapal jadi kita harus bergantian lewat terhadap mobil yang berada pada jalur berlawanan.
  4. Harga fasilitas ruang bisnis dan VIP di dalam yang dirasa masih mahal. Memang kelas ekonomi telah dipersiapkan secara gratis, tetapi tentu saja mengingat perjalanan yang menempuh waktu 11 jam membuat kita berfikir ulang untuk menunggunya di ruang ekonomi.

Ya, begitulah kesan yang dapat kami berikan pada pengalaman kami. Jika anda sesekali ingin berlibur ke Bandar Lampung membawa kendaraan pribadi tetapi tidak ingin merasa kelelahan di jalan, tidak ada salahnya anda mencoba pilihan transportasi Tol Laut ini. Salam.

 

Hai, selamat datang di website kami. :)

Discussion6 Comments

Leave A Reply