Sphinx Agung Giza, Jejak Sejarah Keagungan Fira’un Khafre

0
Sphinx Agung Giza Jejak Sejarah Keagungan Fira’un Khafre III
wikimedia.org

Sphinx Agung Giza, Jejak Sejarah Keagungan Fira’un Khafre. Sphinx jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia memiliki arti pencekik atau mencekik. Nama tersebut di ambil berdasarkan pengharaan orang Yunani kuno terhadap salah satu makhluk mitologi yang berbentuk raksasa dan berkepala manusia sedangkan tubuhnya berwujud singa. Di Mesir banyak sekali terdapat sphinx. Salah satunya adalah sphinx Agung Giza yang terletak di dataran Giza, tepi barat sungai Nil yang saat ini menjadi salah satu patung terbesar yang di buat murni dari batu yang di bangun pada zaman Mesir kuno diperkirakan hingga tahun 2563 SM.

Sphinx Agung Giza menjadi jejak keagungan Fira’un Khafre pada masanya, saat itu digunakan sebagai tempat penyembahan dewa Hor-em-akhet. Kuatnya hipotesis para ahli tersebut dibuktikan dengan di sekitar dinding banyak sekali ditemukan lukisan yang menggambarkan dewa Hor-em-akhet.

Bukti Catatan sejarah sphinx Agung Giza

Napoleon yang ingin memantapkan kekuasaannya di Mesir pada masa itu memerintahkan para prajuritnya untuk menghancurkan patung sphinx menggunakan senjata meriam. Namun kokohnya batu granit yang dijadikan bahan material pada sphinx menjadikan usahanya selalu gagal. Hingga pada akhirnya, bagian hidup sphinx saja yang hancur. Namun versi lain mengatakan bahwa hilangnya bagian hidung pada sphinx Giza disebabkan karena menjadi sasaran tembak saat pasukan Napoleon latihan perang.

Wajah sphinx yang menghadap arah matahari terbit menjadi sebuah simbol budaya bagian Mesir Timur kuno. Setiap gaya dari bagian kepala sphinx akan mencerminkan gambaran kerajaan pada masanya, khususnya pada sphinx yang di buat pada dinasti ke empat. Lebih spesifiknya pada masa Djedefre, Khafre, dan Menkaure. Beberapa ahli mengungkapkan bahwa sebenarnya terdapat ornamen jenggot pada sphinx, namun karena proses alam hingga menjadikan sphinx terkubur selama ratusan tahun serta faktor bencana yang pernah terjadi menyebabkan beberapa sphinx yang ditemukan tidak pernah dalam keadaan lengkap.

Dengan panjang 10 meter, lebar 4 meter, mata dan mulutnya memiliki tinggi 2 meter, sedangkan panjang kakinya 20 meter. Sphinx Giza adalah yang paling mencolok diantara beberapa sphinx yang ada.

 

Leave A Reply