Sejarah Dinosaurus dan Kepunahan

0

Sejarah Dinosaurus dan KepunahanSejarah Dinosaurus dan Kepunahan. Para ilmuwan pertama mulai mempelajari dinosaurus selama 1820-an, ketika mereka menemukan tulang-tulang reptil darat besar mereka dijuluki Megalosaurus ( “kadal besar”) dimakamkan di pedesaan Inggris. Pada tahun 1842, Sir Richard Owen, ahli paleontologi terkemuka Inggris yang pertama menciptakan istilah “dinosaurus.” Owen telah memeriksa tulang dari tiga makhluk-Megalosaurus, Iguanadon ( “iguana gigi”) dan Hylaeosaurus ( “hutan kadal”) yang berbeda. Masing-masing dari mereka hidup di darat dan lebih besar daripada reptil hidup, berjalan dengan kaki mereka langsung di bawah tubuh mereka bukan ke samping dan memiliki tiga tulang lainnya di pinggul mereka. Dengan menggunakan informasi ini, Owen memutuskan bahwa tiga makhluk ini membentuk kelompok khusus reptil, yang ia beri nama Dinosauria. Kata berasal dari kata Yunani kuno deinos ( “mengerikan”) dan sauros ( “kadal” atau “reptil”).

Dinosaurus pertama kali muncul sekitar 230 juta tahun yang lalu. Mereka memerintah bumi selama sekitar 135 juta tahun sampai suatu peristiwa kepunahan 65 juta tahun yang lalu menyapu bersih semua dinosaurusyang ada di bumi. Para ilmuwan tidak setuju sepenuhnya pada apa yang terjadi, tapi kepunahan kemungkinan yang paling mendekati adalah karena asteroid, tersedak bahan kimia dari gunung berapi yang meletus, perubahan iklim dan faktor kemungkinan lainnya.

Selama beberapa tahun terakhir, ahli paleontologi telah merevisi pandangan mereka tentang apa yang sebenarnya terjadi selama salah satu dari lima kepunahan terburuk sejarah Bumi. “Dinosaurus dibunuh oleh sebuah asteroid 65 juta tahun yang lalu” sekarang indikator itu menjadi pemahaman yang usang. Untuk satu hal, ahli geologi telah dikalibrasi ulang akhir Periode Cretaceous (tahap akhir dari Era Mesozoic) menjadi 66 juta tahun yang lalu. Memang, dari perspektif waktu geologi yang mendalam, satu juta tahun tampak seperti waktu yang lama untuk mengubah alam, tetapi mengingat bahwa ini adalah peristiwa yang mengubah dunia, para ahli sangat berhati-hati untuk memberikan analogi yang tepat.

Terlepas dari kenyataan bahwa dinosaurus tidak lagi berjalan di bumi seperti yang mereka lakukan selama Era Mesozoic, jejak jelas dari reptil besar dapat diidentifikasi dalam keturunan modern-hari ini: burung. Dinosaurus juga tinggal di dalam studi paleontologi, dan informasi baru tentang mereka terus-menerus ditemukan. Akhirnya, dilihat dari penampilan sering mereka di film dan di televisi, dinosaurus memiliki pegangan yang kuat dalam imajinasi populer, salah satu wilayah di mana mereka tidak lagi menunjukkan bahaya kepunahan.

 

Hai, selamat datang di website kami. :)

Leave A Reply