Rendang, Makanan Khas Padang, Sumatra Barat

0
Rendang, Makanan Khas Padang, Sumatra Barat
1redwhite.blogspot.com

Rendang, Makanan Khas Padang, Sumatra Barat. Rendang adalah hidangan populer daging direbus dalam santan dan rempah-rempah yang berasal dari Sumatra Barat, Indonesia. Rendang memiliki sejarah panjang di wilayah ini, yang menjadi salah satu makanan dengan bumbu rempah-rempah yang kaya yang mempengaruhi rasa dan tekstur masakannya.

Daging yang digunakan biasanya daging sapi tetapi kadang-kadang ayam atau kambing, yang direbus dalam santan dengan bumbu-bumbu seperti jahe, cabai, lengkuas (jahe biru), serai, bawang putih, bawang merah, daun jeruk purut dan kunyit. Panci yang lebar dalam memasak lebih disukai untuk memungkinkan susu menguap selama mendidih lambat hingga tiga jam. Keterampilan memasak diperlukan untuk memastikan cairan tidak mendidih lebih banyak yang bisa menyebabkan susu untuk mengental. Namun, jika api terlalu rendah, daging bisa terbakar. Dengan cara masak yang benar, cairan akan menebal ke dalam rendang saus khas. Proses memasak ini memiliki beberapa tujuan – itu menambah rasa untuk daging seperti yang direbus dalam rempah-rempah; melembutkan tekstur daging sebagai hidangan mengering; dan meningkatkan pelestarian hidangan, yang memungkinkan untuk tetap dimakan bahkan dua sampai tiga hari kemudian tanpa pendingin atau hingga dua minggu dalam lemari es. Hidangan terbaik dimakan dengan nasi dan kadang-kadang dikonsumsi dengan ketupat. Hal ini lebih sering disajikan di pusat jajanan sebagai salah satu dari beberapa menu pilihan di nasi padang.

Rendang diyakini berasal dari Sumatera Barat dari kerbau yang secara tradisional digunakan sebagai daging. Hidangan ini menandakan kekayaan dari orang atau masyarakat yang mampu untuk meletakkan kerbau untuk konsumsi. Kerbau, bagaimanapun, cenderung lebih tangguh daripada daging sapi yang umum ditemukan di sebagian besar negara-negara Barat. Untuk membuatnya lebih enak, daging kerbau demikian dimasak pada suhu rendah selama periode waktu yang panjang, dan direbus dalam santan dan rempah-rempah sampai menjadi kari kering. Awalnya seluruh kerbau disiapkan, lalu dipotong dan hidangan dimasak dalam jumlah besar dan sering menggunakan wajan besar. Rendang awalnya dibungkus daun pisang untuk dikonsumsi pada perjalanan panjang.
Hidangan ini dianggap makanan perayaan, disajikan secara teratur selama Hari Raya, hari raya besar umat Muslim, dan pada pernikahan bangsa Melayu. Rendang biasanya dimakan dengan nasi atau makanan pokok seperti lontong.

Varian regional juga disebutkan dalam berbagai catatan perjalanan awal masakan ini. Sebuah deskripsi rendang ayam di Borneo diberikan oleh Sir Spencer Buckingham John dalam Kehidupan di hutan Timur Jauh (1862). Sebuah pasta kari dibuat menggunakan cabe, kunyit, ketumbar dan jintan putih bersama-sama. Beberapa bawang iris halus yang kecokelatan dan kemudian digoreng dengan pasta kari dan sedikit air. Ayam ditambahkan ke dalam campuran dimasak bersama dengan santan. Hidangan ini kemudian dimasak untuk beberapa waktu. Dalam versi Burma, makanan ini dihidangkan dengan cabai dicampur dengan kunyit, bawang atau bawang putih. Beberapa jus asam ditambahkan bersama dengan santan, dan daging atau ikan direbus di dalamnya. Versi Siam memiliki jahe dalam campuran. Semua versi rendang ini dimakan dengan nasi putih.
Versi rendang ditemukan di Kelantan, Malaysia dikenal sebagai kerutub daging. Dengan campuran rempah-rempah yang dikenal sebagai kerutub, daging lambat dimasak dengan hanya sedikit air, lalu setelah lembut maka ditambahkan santan. Panggang kelapa, yang dikenal sebagai kerisik, juga ditambahkan pada akhir proses memasak bersama dengan beberapa gula aren. Di Pekan, Pahang di Malaysia, dipercayai opor daging adalah masakan yang menelusuri asal-usulnya ke pulau-pulau Riau. Hal ini dimasak dalam campuran rempah-rempah yang kaya dan dibuat dengan daging kerbau, sehingga rebusan daging merah gelap.
Makanan ini juga terdapat di beberapa negara Asia seperti Malaysia dan India, cuma memiliki karakteristik dan bumbu rempah-rempah yang berbeda penggunaannya. Hal ini tentu saja mempengaruhi rasa masakan yang tidak sama persis antara tiap negara. Tetapi rendang sendiri dipercayai sebagai makanan asli orang Padang, Sumatra Barat, Indonesia.

Leave A Reply