Nikmatnya Rasa Ampiang Dadiah Asli Bukittinggi

0
Nikmatnya_Rasa_Ampiang_Dadiah_Asli_Bukittinggi_1
cdn-2.tstatic.net

Nikmatnya Rasa Ampiang Dadiah Asli Bukittinggi. Bukittinggi yang terletak di Sumatera Barat memiliki ikon tersendiri, yaitu Jam Gadang. Tapi tahukah anda bahwa sebenarnya di balik keindahan alam yang tersaji di Bukittinggi juga menyimpan salah satu makanan khas yang sudah ada sejak lama dan masih tetap eksis hingga saat ini. Yaitu Ampiang Dadiah. Ampiang Dadiah pada awalnya sebenarnya menjadi pengganti lauk ataupun menjadi sebuah kudapan dengan komposisi ampiang (emping) dan dadiah adalah sebuah susu kerbau yang telah difermentasi.

Perpaduan antara emping dan olahan susu kerbau yang memiliki tekstur seperti yoghurt ini sangat baik untuk kesehatan jika di konsumsi sesuai aturan. Oleh karena hal tersebut, warga sekitar Bukittinggi mengatakan kuliner yang satu ini menjadi kuliner favorit dan indentik dengan orang-orang asli Minang karena khasiat yang dimilikinya. Dengan catatan, dalam mengkonsumsi dadiah tidak boleh lebih dari 2 kali dalam waktu 5 hari. Hal ini karena alasan bahan dasar dari susu kerbau dapat memicu darah tinggi.

Keunikan di balik proses pembuatan Ampiang Dadiah

Nikmatnya_Rasa_Ampiang_Dadiah_Asli_Bukittinggi_3
www.indonesiakaya.com

Yang menjadi sebuah keunikan dari ampiang dadiah adalah proses pembuatannya. Dimana susu yang digunakan harus susu kerbau yang masih menyusui anaknya. Setelah itu susu dimasukkan ke dalam sepotong bambu dan di tutup menggunakan daun pisang atau plastik agar sedikit membeku yang nantinya akan memiliki tekstur yang mirip dengan yogurt. Proses pendiaman tersebut akan lebih maksimal jika dilakukan selama dua malam, dan aman di konsumsi hingga 7 hari ke depan.

Bagi yang baru mencoba ampiang dadiah biasanya akan merasa aneh dengan rasanya. Dengan tekstur dadiah yang agak kenyal dan rasa emping yang gurih, cita rasa akan bercampur dalam mulut. Tapi saat ini campuran ampiang dadiah sudah menggunakan beberapa bahan tambahan untuk menambah keunikan dan kesegaran rasanya. Seperti menggunakan kuah yang berasa dari gula merah yang telah dicairkan, parutan kelapa serta serutan es agar memiliki rasa yang lebih nikmat.

Walaupun sudah ada sejak lama, hingga saat ini anda bisa menemukan ampiang dadiah di sekitar Bukittinggi. Seperti di daerah Jenjang Gudang, Pasar Atas, atau pasar Batusangkar.

 

Leave A Reply