Menelisik Sejarah Tenochtitlan, Kota Pertama Suku Aztec

0
mexicomaxico.org
mexicomaxico.org

Menelisik Sejarah Tenochtitlan, Kota Pertama Suku Aztec. Tenochtitlan merupakan sebuah kota suku Aztec yang berkembang antara tahun 1325 dan 1521. Terletak di sisi barat Danau Texcoco, Meksiko. Tenochtitlan menjadi sebuah kota peradaban Meksiko, dan menjadi sebuah perkembangan kebudayaan yang telah maju. Pulau kecil ini terus menerus berkembang seiring terjadinya bencana dan pertambahan penduduk.

Namun pada tahun 1521 Tenochtitlan hancur oleh Hernan Cortes yang merupakan penakluk Spanyol. Padahal awalnya kota Tenochtitlan mulai berkembang, dimana terdapat sebuah pasar besar yang menjual berbagai jenis barang yang tergolong mewah pada saat itu. Seperti emas, perak, timah, kuningan, batu, kerang, dsb.

Menjadi Kota Pertama Suku Aztec

Tidak ada yang tahu secara pasti mengenai asal keberadaan suku Aztec. Namun ahli meyakini bahwa mereka telah memulai kehidupannya sebagai pemburu yang berasal dari Aztlan. Suku Aztec muncul di Mesoamerika (wilayah selatan Meksiko) pada awal abad ke-13.

Berawal pada saat suku Aztec melihat seekor elang yang bertengger pada kaktus di sebuah tanah rawa dengan perbatasan Barat Daya danau Texcoco, mereka menganggap elang tersebut sebagai sebuah pertanda untuk membangung pemukiman mereka. Lalu mereka menguras rawa, membuat pulau buatan untuk berkebun dan mendirikan kota mereka. Tenochtitlan menjadi sebuah kota yang terdapat beberapa ladang berkebun, memancing dan berburu agar mereka dapat bertahan hidup. Hingga pada akhirnya suku Aztec berhasil membangung sebuah tempat yang bertumbuh dan menjadi sebuah kerajaan.

Jatuhnya peradaban Aztec

Kehadiran Fransisco Hernandez de Cordoba, yang mendatangi Aztec dan menjadi orang pertama yang mengunjungi Aztec, adalah awal dari kehancuran Aztec. Ketidakstabilan kekaisaran Aztec saat itu dimanfaatkan Cordoba untuk dapat merebut Aztec menjadi wilayah kekuasaannya.

Hingga pada 1519, Cordoba mendatangi Aztec bersama para pasukannya hingga terjadilah perang yang akhirnya dimenangkan oleh Cordoba di bawah komando Cortes bersama orang-orang Spanyol dan bantuan sebagian suku orang Aztec yang telah membunuh para petinggi Aztec. Sekitar 240.000 orang diyakini tewas dalam pertempuran itu dan mengakhiri peradaban Aztec.

Saat ini Tenochtitlan telah berubah karena di bangun Tenochtitla Meksixo City dan dengan waktu yang singkat berubah menjadi pusat perdagangan Eropa di dunia yang baru pada masanya.

 

Leave A Reply