Keindahan Luar Biasa Puncak Bukit Kebun Buah Mangunan

0

Keindahan_Luar_Biasa_Puncak_Bukit_Kebun_Buah_Mangunan_1Terdengar dari namanya, tempat ini adalah wisata perkebunan buah. Tapi tunggu dulu..!! pasti kita tidak membayangkan ternyata dibalik tempat wisata ini memiliki gardu pandang dengan pemandangannya yang sangat elok lohh. Bagaimana tidak? Lokasinya terletak di puncak perbukitan dimana dari atas kita bisa melihat pemandangan yang luar biasa. Wisata Kebun Buah Mangunan terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlinggo, Bantul Yogyakarta. Kalau ditempuh dari kota Yogyakarta hanya memerlukan waktu  kurang lebih sekitar satu (1) jam.

Just info kawan, perjalanan menuju kesana sangat menanjak dimana sebelah kiri dan kanan sering melewati jurang yang curam. Jalan yang berkelok-kelok dan panjang membuat adrenalin kita menjadi naik turun. Perlu diperhatikan bahwa kendaraan yang ber-cc kecil dipastikan akan menemukan kesulitan untuk mencapai lokasi ini.

Keindahan_Luar_Biasa_Puncak_Bukit_Kebun_Buah_Mangunan_3

Untuk memasuki Wisata Kebun Buah Mangunan cukup membayar tiket Rp.5000,- /orang (*cukup murah bukan?*). Btw, walau sudah masuk pintu gerbang bukan berarti perjalanan kita sudah usai, kita masih bisa membawa kendaraan naik ke atas puncak untuk menikmati keindahan utamanya. Area Wisata Kebun Buah Mangunan ini sangat luas yang ditanami berbagai macam tanaman buah seperti : jambu air, jeruk, mangga, durian ,salak, dll….hmm yummy. Tapiii….., jangan asal memetik buah ya hehe, karena di area ini terdapat tulisan dilarang memetik!! Walaupun sebenarnya saat kami kesana hampir seluruh pepohonan tidak ada yang berbuah.  Terlihat tanaman kering dan daun berguguran, tanah cukup gersang dan berdebu. Cukup wajar sebenarnya karena saat kami datang, wilayah Jawa Tengah sedang mengalami musim kemarau yang panjang.

Ohiya kawan Oibro, ditengah kebun ini terdapat danau buatan yang cukup luas disertai dengan ayunan dan mainan anak-anak juga loh. Penataan kebun kami lihat cukup baik, walau sayang masih kelihatan gersang dan perlu penataan lebih lanjut. Ya…semoga kedepan Kebuh buah Mangunan ini lebih berkembang dan ditata dengan menarik lagi, pasti pengunjung akan senang lagi berlama-lama menikmati pesona kebun nan cantik. Aminn….

Keindahan_Luar_Biasa_Puncak_Bukit_Kebun_Buah_Mangunan_5

Tidak jauh dari danau, terdapat petunjuk arah yang mengarahkan ke puncak. Nah puncak inilah yang paling digemari, karena disitu terdapat gardu pandang. Jalan untuk mencapai puncak gardu sebenarnya masih cukup berbahaya, terjal dan berkelok jadi perlu berhati-hati ya kawan jika ingin membawa kendaraan untuk naik ke puncak. Rasanya jantung ini berdebar-debar saat gas ditancapkan, wew … untung saja jalurnya pendek hehe.

Nah, sesampainya diatas kendaraan harus berhenti ditempat parkir, dari tempat parkir ke gardu pandang masih perlu berjalan sebentar. Saat melangkahkan kaki beberapa langkah disebelah kanan sudah disuguhi panorama hijaunya bukit yang menakjubkan. Disebelah kiri banyak warung – warung yang berjualan makanan. Langkahkan kaki maju kedepan, ruas-ruas jalan yang sudah berderet rapi, pohon – pohon besar beserta gasebo-gasebo yang membuat penampilan puncak ini menjadi menarik.

Keindahan Luar Biasa Puncak Bukit Kebun Buah Mangunan

Akhirnya sampai juga di gardu pandang, mata ini terasa terkagum melihat indahnya belantara bukit hijau yang luas. Terlihat seperti bukit-bukit yang dibelah oleh lekukan sungai. Oya, katanya lekukan sungai ini berhulu ke pantai parangtritis loh!! Desiran angin yang menerpa, udara segar yang terhirup hmmm…membuat hati dan pikiran serasa semakin damai, hingga mata ini semakin takjub melihat begitu luasnya dan indahnya alam ini.

Dari atas juga anda bisa melihat rumah penduduk yang terlihat kecil. Lebih anehnya lagi, dari atas anda bisa mendengar dentuman yang cukup keras terdengar bersumber dari bawah. Kami tidak mengetahui asal muasal suara itu, tapi membuat kesan yang cukup misterius. Apalagi ditambah panorama sore hari, lebih menambah kesejukan dan keindahannya. Hem.. Ternyata dibalik wisata buah mangunan ini memiliki pesona indahnya alam puncak yang tersembunyi. Mau coba kesana?

Leave A Reply